Ciri Umroh Mabrur Sepulang Dari Tanah Suci

Kategori : Umroh, Umrah, Ditulis pada : 13 Maret 2024, 14:26:29

RAIH PERUBAHAN BAIK, BERSAMA UMROH PERUBAHAN

Umat Islam di tanah air seringkali mendengar istilah "Umroh Mabrur", mungkin banyak yang bertanya-tanya umroh mabrur artinya apa? Apakah amal yang disebut dalam frase tersebut? Bagaimana cara agar umroh kita mabrur? Dan bagaimana cara agar umroh kita mabrur?

Arti Umroh Mabrur

Istilah "mabrur" berasal dari bahasa Arab (bar) yang berarti "berkat" atau "diterima dengan baik". Secara istilah Umroh Mabrur merujuk pada pelaksanaan ibadah umroh yang diberkahi dan diterima oleh Allah SWT. Ibadah umroh dianggap mabrur apabila dilakukan dengan niat yang tulus, penuh keikhlasan, dan mematuhi segala ketentuan yang berlaku. Umroh yang mabrur diharapkan dapat memberikan keberkahan, pengampunan dosa, dan penerimaan doa oleh Allah SWT. Umumnya, umroh yang mabrur juga diikuti oleh perubahan positif baik dalam perilaku maupun spiritualitas seseorang setelah kembali dari Baitullah.

Ciri-ciri Umroh Mabrur

Kita tidak bisa begitu saja menyebutkan bahwa umroh seseorang mabrur atau tidak, tetapi kita bisa mengetahuinya dari berbagai perubahan yang terjadi kepada orang tersebut setelah melaksanakan ibadah umroh. Berikut ini beberapa ciri-ciri seseorang yang diterima umrohnya.

  1. Perubahan perilaku

Perilaku sehari-hari dapat menjadi tolak ukur umroh atau haji dari seseorang mabrur atau tidak. Menurut sebagian orang yang pernah melaksanakan umroh apabila kita berkata-kata tidak baik kepada Allah dan kepada orang lain saat sedang melaksanakan umroh balasannya akan disegerakan saat itu juga. Maka biasanya bagi orang-orang yang umrohnya diterima Allah, akan selalu perubahan positif dari perilaku mereka sekembalinya dari Tanah Suci.

  1. Perubahan secara sosial

Terdapat perubahan secara sosial dari orang yang umrohnya mabrur. Seseorang tersebut tidak akan bersikap angkuh karena sudah melaksanakan umroh. Seseorang tersebut lebih bisa menempatkan dirinya di masyarakat dan lebih perhatian terhadap isu-isu masyarakat di sekitarnya.

  1. Meningkatnya Ketaatan Terhadap Allah SWT

Seseorang yang sudah pernah melaksanakan perjalanan umroh akan merasakan berapa kecil dirinya di hadapan Allah, dari hal ini biasanya akan menjadikan seseorang semakin meningkatkan taqwanya kepada Allah dan cintanya kepada Rasulullah.

  1. Secara Materi

Bagi orang-orang yang telah melaksanakan umroh, Allah akan gantikan harga yang dibelanjakan untuk melaksanakan ibadah umroh. Selama niatnya umroh tersebut hanya karena Allah Ta'ala bukan dengan maksud apapun dan bukan karena maksud riya' atau sombong.

  1. Lebih Dermawan

Setelah pulang dari ibadah umroh seseorang yang mabrur akan beranggapan dan sadar bahwa kekayaan dunia yang sesungguhnya adalah kekayaan yang dapat dibawa di akhirat, yaitu kekayaan yang didermakan untuk amal sholeh.

Cara menggapai Umroh Mabrur

Untuk menggapai umroh mabrur dan penuh berkah, tentunya harus ada perjuangan gigih untuk menggapainya dari mulai sebelum berangkat sampai dengan kepulangan.

Persiapan yang perlu dilakukan untuk meraih umroh yang mabrur

  1. Bertaubat dari segala dosa dan maksiat kepada Allah SWT
  2. Meminta izin kepada orangtua atau yang dituakan
  3. Meminta maaf kepada sesama manusia
  4. Membayar semua hutang
  5. Menggunakan dana yang halal
  6. Menyiapkan nafkah yang cukup bagi keluarga
  7. Banyak bersedekah
  8. Mencari kawan yang sholeh sebagai bentuk motivasi
  9. Meminta restu kepada orang terdekat baik saudara, teman, dan tetangga

Selain itu, perlu persiapan batin yang harus dilakukan yaitu

  1. Niat karena Allah Ta'ala
  2. Meninggalkan rafats (ucapan kotor) fusuq (maksiat), dan jidal (berbantahan)
  3. Rendah hati, lemah lembut, mengutamakan kebaikan
  4. Memperbanyak sedekah
  5. Ikhlas dan sabar dalam setiap perbuatan

Satu alasan kuat mengapa Anda perlu memilih travel terbaik yaitu agar Anda bisa melaksanakan ibadah umroh dengan tenang dan tanpa hambatan. Anda bisa melaksanakan wajib dan sunnah umroh dengan leluasa dan maksimal, sehingga Insya Allah ibadah umroh juga akan mendapat keberkahan dari Allah SWT.

Sesuai dengan tagline Umroh Perubahan “Menuju Ketaatan Membawa Perubahan”, kami memiliki visi untuk menjadi penggerak perubahan positif dalam kehidupan jamaah yang diharapkan setelah kepulangan dari Baitullah jamaah dapat membawa ketaatan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Umroh Perubahan juga mengutamakan kenyamanan dan keamanan jamaah.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id