7 Hal Yang Dilakukan Selama Umroh

Kategori : Umroh, Umrah, Ditulis pada : 24 Februari 2024, 10:39:41

Mungkin kebanyakan orang yang mengira bahwa ibadah membutuhkan durasi waktu yang lama. Karena, biasanya, sebuah perjalanan ibadah umrohh berdurasi antara 9 hingga 12 hari. Ternyata, untuk melaksankan rukun umroh hanya memerlukan waktu antara 3-12 jam saja! Wah, jika seperti itu, ngapain aja ya aktivitas ketika umroh?

Sebenarnya, banyak kok aktivitas yang bisa Anda jalani untuk mengisi waktu umroh Anda. Selain melaksanakan rukun wajib umroh, Anda juga bisa menjalankan kegiatan lain yang tentunya harus didominasi dengan kegiatan ibadah.

smartphone-570507_1280.jpg

Image by bohed from Pixabay

Sayang sekali, jika Anda menghabiskan waktu-waktu di Baitullah, dengan menjalani hal-hal yang tidak mendapat pahala. Meskipun di jadwal itinenary dari travel umrah sudah pasti jadwal agenda yang akan kita lakukan, namun tidak ada salahnya Anda membuat sendiri jadwal kegiatan supaya Anda bisa maksimal beribadah di tanah suci. Setidaknya, ada 7 aktivitas yang dapat Anda lakukan selama umrah.

1) Melakukan Rukun Umrah

Inti dari perjalanan umrah adalah menunaikan rukun umrah : ihram, tawwaf, sa'i, tahallul serta tertib. Seperti yang telah kami singgung tadi, durasi untuk menjalankan umrah adalah 3-12 jam. Jadi, Anda bisa melakukan umrah berkali-kali ketika berada di tanah suci.

Waktu yang Anda habiskan dalam perjalanan pergi dan pulang ibadah umrah sudah cukup menghabiskan keseluruhan waktu ibadah umrah Anda. Seperti waktu untuk perjalanan naik pesawat saja minimal 9 jam, belum lagi perjalanan dari dan ke hotel, perjalanan dari makkah ke madinah kurang lebih 14 jam PP, dll. Jadi, manfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk menjalani rukun umrah.

2) Shalat Fardhu Berjamaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Aktivitas lain yang utama adalah sholat 5 waktu. Tentunya, shalat 5 waktu di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram tak boleh untuk dilewatkan. Sebab, pahala shalat di kedua masjid tersebut sangat berlipat ganda.

Beribadah Shalat di Masjidil Haram setara dengan 100.000 kali lipat pahalanya jika dibandingkan shalat di masjid lain. Sedangkan beribadah shalat di Masjid Nabawi setara dengan 1000 kali lipat dibandingkan shalat di masjid lain kecuali Masjidil Haram.Tentunya, menjaga shalat lima waktu di Masjidil Haram ini sangat penting, masa iya kita beribadah sunnah namun malah mengesampingkan ibadah fardhunya?

3) Ibadah Sunnah di Masjidil Haram

Selain shalat wajib di Masjidil Haram, Anda juga bisa melakukan ibadah sunnah di Masjidil Haram seperti shalat rawatib, shalat dhuha, shalat tahajjud, dan shalat sunnah lainnya. Anda juga bisa melakukan ibadah lainnya seperti beri'tikaf, bersalawat, bersedekah, berpuasa sunnah, dan sebagainya. Perbanyak ibadah sunnah Anda ketika di tanah suci, agar Anda bisa meraup keuntungan pahala sunnah saat beribadah umrah.

4) Ibadah Sunnah di Masjid Nabawi

cami-3724921_1280.jpg

Image by Konevi from Pixabay 

Serupa dengan melakukan ibadah sunnah di Masjidil Haram, Anda jangan sampai melewatkan kesempatan beribadah di Masjid Nabawi. Terutama di Raudatul Jannah atau Raudhah, Anda boleh beri'tikaf, melaksanakan shalat sunnah, bersalawat, berdzikir dan berdoa di Masjid Nabawi dan di Raudhah, agar kesempatan meraih pahala terbaik bisa Anda peroleh.

5) Shalat Sunnah di Masjid Quba

Ada satu amalan yang tak boleh dilewatkan begitu saja saat umrah, yaitu ibadah shalat sunnah di masjid Quba. Menurut dari Hadits Rasullullah SAW yang mana diriwayatkan oleh Abu bin Sahl bin Hunaif RA, ia pernah mendengar bahwasannya Rasulullah SAW bersabda: ” Barang siapa yang bersuci di rumahnya, lalu mendatangi Masjid Quba, dan ia shalat di dalamnya, maka baginya akan mendapat pahala seperti pahala ibadah umrah” . (HR. Tirmizi nomor 298, Ibnu Majah nomor 1401)

Masjid Quba ini letaknya di Madinah. Biasanya, ada jadwal untuk mengunjungi masjid ini saat pagi hari, jadi Anda bisa melaksanakan shalat dhuha di Masjid Quba untuk meraih keutamaannya.

6) Membaca Ayat-ayat Allah dan Berdzikir

Usahakan Anda selalu tetap terjaga dari wudhu dan memegang mushaf Al Qur'an supaya Anda bisa membaca Al Quran kapan saja. Apalagi saat menunggu waktu-waktu shalat, sangat disayangkan apabila Anda mengisinya dengan aktivitas yang kurang bermanfaat.

senantiasa basahi lisan Anda untuk melantunkan ayat-ayat suci Al Qur'an dan berdzikir, sehingga Anda jadi lebih tenang dan khusyu dalam beribadah. Melupakan sejenak aktivitas dunia yang Anda kerjakan di luar waktu umrah.

7) Berdoa di Tempat-tempat Mustajab

Nah, ini dia aktivitas paling ditunggu yang biasanya selalu diagendakan oleh jamaah umrah. Ya, memanjatkan doa di tanah suci merupakan kesempatan yang tak ternilai harganya, sebab Anda sedang berkunjung di Rumah Allah. Jadi, berdoalah sebaik-baiknya, sebanyak-banyaknya sesuai dengan cita-cita kita. Biasanya, kita juga mendapat titipan doa dari kerabat, sahabat, dan rekan kita. 

Jadi, berdoalah, daripada menyibukkan diri berswa foto, belanja, makan-makan, sebaiknya Anda dijadwalkan khusus untuk berdoa dan siapkan catatan doa dari rumah supaya tidak ada yang terlupa.

Itulah aktivitas yang dapat memperbanyak bobot pahala umrah kita. Ibadah umrah merupakan ibadah yang memerlukan pengorbanan yang cukup besar baik dari segi biaya maupun dari segi fisik. Oleh karena itu, kita tidak lengah, dengan mengisi aktivitas di waktu umrah kita semaksimal mungkin. Jangan terlena dengan godaan berbelanja dan berburu kuliner khas timur tengah saja, ya!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id